Get Paid To Promote, Get Paid To Popup, Get Paid Display Banner

Mengungkap Rahasia Belajar Terbaik!

dailymail.co.uk

London - Studi mengungkap menulis tangan dan membaca buku membuat seseorang mampu menyerap pelajaran lebih baik dibanding mereka yang menggunakan komputer.



Profesor University of Stavanger Norwegia Anne Mangen menjelaskan, hal ini disebabkan kegiatan membaca dan menulis tangan melibatkan banyak indera. Ketika menulis tangan, otak menerima feedback dari otot dan ujung jari.

Feedback ini jauh lebih kuat diterima saat menulis tangan dibanding mengetik pada keyboard komputer. Alhasil, proses ini meningkatkan mekanisme belajar seseorang. Menulis tangan memang butuh waktu lebih lama dibanding mengetik di komputer.


Selain itu, bagian otak terkait bahasa juga akan ikut mempengaruhi proses belajar, jelas Mangen. Seperti dikutip Telegraph, dalam studi Mangen membagi dua kelompok partisipan dewasa guna belajar menulis alfabet tak dikenal yang memiliki 20 huruf.


Pada satu kelompok mempelajari dengan menulis tangan, lainnya menggunakan keyboard. Selama tiga sampai enam pekan berikutnya, peneliti menguji apa yang telah dipelajari partisipan, mereka harus menentukan huruf-huruf yang benar dan salah.


Hasilnya, mereka yang belajar dengan menulis tangan mendapat hasil lebih tinggi dalam semua tes yang diajukan.

No comments:

Post a Comment