Get Paid To Promote, Get Paid To Popup, Get Paid Display Banner

Hati hati Terhadap Telur dan Kecambah!

Cuma mau share aja.....
Jika selama ini Anda mengira makanan berbahaya hanyalah makanan yang termasuk kategori junk food yang tidak menyehatkan, ada baiknya lebih waspada...






Kecambah dan Telur Menyimpan Potensi Penyakit



Karenan nyatanya ada juga makanan yang selama ini disebut sebagai makanan sehat, tetapi sebenarnya menyimpan potensi penyakit.

Diperkirakan sebanyak 76 juta orang Amerika setiap tahunnya justru mengalami gangguan kesehatan akibat makanan tertentu. Dua peringkat teratas makanan yang menyimpan potensi penyakit adalah kecambah dan telur.

"Kecambah berada di daftar teratas dalam daftar potensi masalah," kata Michael Doyle Phd, Direktur Pusat Keamanan Makanan dari Universitas Georgia, AS yang dikutip dari MSN, Senin (18/5/2009).

Menurut Doyle, hal itu karena kecambah dihasilkan melalui proses penyiraman dalam intensitas yang sering dengan maksud menjaga tempat berkembang bibit kecambah tetap lembab. Padahal, tempat lembab merupakan arena berkembang biak bakteri salmonela.

"Mencuci kecambah sebelum dikonsumsi tidak menghilangkan bakteri berbahaya. Jadi, satu-satunya cara menghilangkan bakteri penyebab penyakit adalah dengan memasaknya," kata Doyle.

Makanan lain yang memiliki ancaman serupa adalah telur. Namun kabar baiknya, sangat sedikit telur yang bisa menyebabkan penyakit.

"Perbandingannya, dari sekira 10 ribu butir telur terdapat satu telur yang memiliki bakteri salmonela," kata Doyle.

"Risikonya memang sangat kecil, tapi Anda tidak pernah tahu kemungkinan bakteri itu ada di dalam telur yang Anda makan," tambahnya.

Untuk itu Doyle menyarankan agar sebisa mungkin menghindari konsumsi telur mentah seperti yang terdapat pada adonan kue atau bumbu salad.

"Yang terbaik adalah mengonsumsi telur yang dimasak hingga matang atau memilih telur yang sudah dipasteurisasi," tandasnya.
...................jadi hati hati lah......


No comments:

Post a Comment